tips berbisnis menguntungkan

4 Ide Bisnis Menguntungkan Saat Pandemi Bisa Jadi Inspirasi Ukm

July 5, 2020

bisnis saat pandemi

Misalnya, kalau kamu memiliki hobi di bidang olahraga, kamu bisa memulai bisnis penjualan alat olahraga ataupun kursus olahraga online. Bila kamu tidak memiliki latar belakang di bidang bisnis sebelumnya, mengikuti pelatihan bisa membantu untuk memberikan bekal pengetahuan seputar bisnis. Sekadar membaca buku dan mengikuti seminar online tentang bisnis sudah cukup membantu. Sektor resto & kafe paling terdampak oleh Covid-19 karena tidak ada konsumen yang dine-in. Karena itu mereka melakukan survival innovation menghadirkan “resto experience” di rumah konsumen. Magal, Raa Cha dan Shabu Jin menghadirkan layanan home delivery “BBQ at home”.

Pelaku usaha yang selama ini mengandalkan cara jualan konvensional, perlu segera melirik internet sebagai tempat berbisnis atau pengembangan bisnis yang sudah ada. Salah satunya adalah perubahan pola belanja menjadi belanja online atau daring. Data yang dirilis Badan Pusat Statistik menunjukkan, pola belanja online meningkat 31% selama pandemi. Liputan6. com, Jakarta – Di masa pandemi Corona Covid-19, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah seperti berolahraga. Meski begitu, individu tetap bisa melakukan berbagai olahraga sederhana selama di rumah. Buatlah daftar minat dan hobi dalam secarik kertas, lalu tentukan minat yang paling sesuai untuk dijadikan bisnis.

Mulai dari bahan makanan, condiment, sampai alat masak dan piringnya semua disediakan dan dikirim ke rumah. Permintaan produk frozen food semakin meningkat di kala mereka tak bisa berpergian ke luar rumah. Apalagi emak-emak milenial memang tidak piawai memasak, sehingga mereka memasak yang mudah-mudah. Kondisi ini dimanfaatkan Es teler 77 dan Hokben untuk mengeluarkan varian produk frozen dan “ready to eat” untuk mengantisipasi pelanggan dine-in yang terus merosot. Pembelian produk fesyen kian turun kala masyarakat tidak keluar rumah. Mereka mendorong tren “homeleisure wear” walaupun di rumah tapi pakaian tetap fashionable karena bisa dipamerkan via Instagram. Berbagai inovasi terus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap survive dan bertahan di tengah krisis Covid-19 ini.

Bisnis saat pandemi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan skill Anda, lo. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing, web design, atau keahlian lainnya, jangan ragu untuk mulai bekerja sebagai freelancer. Jika dalam usaha mengalami kesulitan memasarkan produk dagangannya, Aidil menyarankan agar tidak ragu bekerja sama dengan para reseller atau dropshipper. Untuk menjalankan usaha ini, harus dipastikan betul makanan dan minuman yang dijual benar-benar sesuai dengan selera konsumen, khususnya soal rasa. Tiga contoh di atas merupakan beberapa alternatif peluang bisnis dimasa pandemi saat ini.

Kunci suksesnya berasal dari kejelian menarik minat pembeli dari berbagai penawaran diskon. Adaptasi kebiasaan baru memungkinkan bisnis untuk mulai berjalan kembali. Namun, adanya protokol kesehatan tentu akan membentuk perilaku bisnis yang berbeda. Misalnya, banyaknya bisnis yang mulai dilakukan secara online terkait kewajiban physical distancing. Bermodalkan ilmu dari jurusan perhotelannya di kampus, dia mengembangkan bisnis brownies cheesecake.

bisnis saat pandemi

Nah, jika kita kulik lebih dalam, anjuran untuk #dirumahaja ternyata membuat mereka memiliki lebih banyak waktu untuk merawat diri. Jadi, hal ini bisa menjadi peluang ubagi pebisnis kosmetik untuk menjual lebih banyak produk. Mereka mampu menjual kopi literan sebanyak 500 botol dalam sehari sejak produk tersebut menjadi tren selama pandemi. Nah, dari contoh di atas Anda tentu sudah mendapat inspirasi ide bisnis di era new normal, kan? Jika belum memiliki produk, saran kami, bergabunglah dengan program reseller atau franchise yang sudah terkenal. Secara umum, omzet pendapatan UMKM sektor makanan dari platform online seperti Gojek memang meningkat hingga 2, 75 kali lipat. Produsen makanan ringan asal Bandung tersebut mampu meraih penjualan hingga tiga kali lipat selama pandemi.

Bahkan, sekarang ini banyak perusahaan yang bekerjasama dengan Influencer, sehingga belanja iklan banyak yang tersedot ke digital. “Tidak ada orang sukses yang tidak menguasai bidangnya. Sekarang trend jual melalui digital. Buat digital, platform, Instragram, Facebook, jualan produk, ” ujar dia.

Yuswohady, Managing Partner Inventure dalam laporannya menyebutkan sedikitnya terdapat 50 inovasi yang dilakukan perusahaan untuk bertahan bahkan menyalip para pesaingnya di tengah krisis. Orang tidak lagi membaca koran, melainkan mencari informasi lewat dalam jaringan.

Untuk memenuhi kebutuhan siswa akan pemahaman belajar, Anda bisa mulai bisnis saat pandemi sebagai pengajar daring. Online learning yang Anda sampaikan bisa disesuaikan dengan kemampuan atau bidang yang digeluti.

Banyak hal kreatif yang bisa dilakukan selama di rumah saja untuk menghilangkan rasa bosan. Di antaranya membuat video. Kondisi ini bisa melahirkan usaha kreatif berupa jasa pembuatan video yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan komersil maupun non komersil. Di masa penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar, muncul juga peraturan belajar atau bekerja dari rumah. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan internet meningkat. Kondisi ini menyiratkan bahwa bisnis penjualan pulsa dan paket data bisa menjadi sangat prospektif di masa ini. Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis yang mulai berbondong-bondong mengonlinekan bisnisnya. Produsen jamu ini mengatakan bisnis mereka mengalami peningkatan penjualan sebesar 2-3 kali lipat sejak pandemi terjadi. Strategi yang dilakukan adalah menggenjot penjualan online dan memberikan layanan home delivery service.